Sejarah Labuhanbatu Selatan

Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang beribukota di Kotapinang, Kotapinang adalah kabupaten yang baru dimekarkan dari Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2008 pada 24 Juni 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan pintu gerbang provinsi Sumatera Utara ditinjau dari provinsi Riau. 

Kampung Rakyat
Kotapinang
Silangkitang
Sei Kanan
Torgamba


Penduduk
Sebahagian besar penduduk Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah Suku Melayu 70%, Suku Batak Mandailing 10%, Suku Jawa 7%, dan selebihnya suku-suku lain.

Objek wisata antara lain:
Pemandian alam Sampuran, di Desa Perkebunan Normark, Kecamatan Kotapinang
Danau buatan Simatahari di Desa Padangri, Kecamatan Kotapinang
Pusat pelatihan gajah di Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba
Kawasan wisata Outbound di Bumi Perkemahan Asam Jawa, Kecamatan Torgamba
Danau Seberang di antara Desa Teluk Pinang dan Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba
 
Batas wilayah :
Selatan <> Kabupaten Padang Lawas
Barat <> Kabupaten Padang Lawas Utara
Timur <> Provinsi Riau Kampung Rakyat, Labuhanbatu Selatan Kampung Rakyat — Kecamatan — Negara Indonesia Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Labuhanbatu Selatan Pemerintahan - Camat - Luas 709,15 km² Jumlah penduduk 38.674 jiwa (2001) Kepadatan 55 jiwa/km² Desa/kelurahan 15 Kampung Rakyat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Terletak tak jauh dari ibu kota kabupaten Labuhanbatu Selatan, kecamatan ini beribukotakan Tanjung Medan. Wilayah ini menjadi 2 bagian di karenakan terpisah oleh sungai Barumun, yaitu bagian Tanjung Medan dan bagian Teluk Panji. Jarak antar bagian tersebut cukup jauh hingga perangkat pemerintahan sukar melaksanakan pemerataan kemakmuran. 

Kabupaten Labuhanbatu selatan Merupakan Pamekaran dari Kabupaten Labuhanbatu yang peresmian dan pelantikan Bupati dilaksanakan Tanggal 15 Januari 2009 di Depdagri Jakarta.

Aspirasi Masyarakat Tersebut bergulir melalui proses berikut :


"artikel dari berbagai sumber"

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post